Jumat, 28 Desember 2012

MAGIC DISC Sebagai MEDIA PEMBELAJARAN


Magic Disc Sebagai Media Pembelajaran

Magic Disc sebagai media pembelajaran merupakan fasilitas penting dalam sekolah karena bermanfaat untuk meningkatkan perhatian anak. Dengan Magic Disc, anak diajak secara aktif memperhatikan apa yang diajarkan guru. Penggunaan Magic Disc diikuti dengan metode anak aktif, maka efektifitas pengajaran akan semakin baik. Magic Disc juga dapat melengkapi media pembelajaran di sekolah anda, disamping itu imbangi pula dengan kreasi-kreasi yang meningkatkan kreaktifitas siswa -siswa anda, misalnya dengan menggunakan Magic Disc sebagai media pembelajaran pada setiap topik pembehasan.
Sampai saat ini ada 4 (empat) jenis Magic Disc :lihat Magic Disc
1. Magic Disc English (media pembelajaran bahasa inggris)
2. Magic Disc Physics (media pembelajaran fisika)
3. Magic Disc Mathematics (media pembelajaran matematika)
4. Magic Disc Kimia
Magic Disc sebagai media pembelajaran atau alat bantu mengajar adalah perlengkapan yang digunakan oleh seorang guru dalam mengajar. Magic Disc dipakai saat guru menerangkan pelajaran, Jadi Magic Disc adalah media pembelajaran penting sebagai salah satu fasilitas “wajib” dalam sekolah saat ini karena:
 1. Dengan Magic Disc sebagai media, pembelajaran akan disajikan lebih menarik. 
2. Mengarahkan perhatian anak (anak perlu alat bantu untuk berkonsentrasi dalam mendengarkan pengajaran). 
3. Membantu pengertian (menjelaskan cerita), karena pengertian anak akan sesuatu hal bisa berbeda dengan apa yang guru maksudkan. Sementara tidak semua guru dapat menceritakan dengan baik detail- detail ceritanya. Jadi penggunaan Magic Disc sebagai media pembelajaran adalah alat untuk menjelaskan yang sangat efektif. 
4. Magic Disc sebagai media pembelajaran adalah alat bantu bagi anak untuk mengingat pelajaran. Magic Disc dapat menimbulkan kesan di hati sehingga anak-anak tidak mudah melupakannya. Sejalan dengan ingatan anak akan Magic Disc itu, ia juga diingatkan dengan pelajaran yang disampaikan guru. 
5. Semakin kecil anak, ia semakin perlu visualisasi/konkret (perlu lebih banyak media pembelajaran) yang dapat disentuh, dilihat, dirasakan, dan didengarnya.

MEDIA HASIL TEKNOLOGI BERBASIS KOMPUTER

Teknologi berbasis komputer merupakan cara mengahsilkan atau menyampaikan materi dengan menggunakan sumber-sumber yang bebasis mikroprosesor. Perbedaan antara media yang dihasilkan oleh teknologi berbasis komputer dengan teknologi audio-visual dan cetak adalah karena informasi atau materi disimpan dalam bentuk digital, bukan dalam bentuk cetakan ataupun visual.
Berbagai jenis aplikasi teknoligi berbasis komputer dalam pengajaran umumnya dikenal sebagai Computer Assisted Instruction (pengajaran berbantuan komputer). Aplikasi tersebut meliputi drills dan practice (latihan membantu siswa menguasai materi yang telah dipelajari sebelumnya), tutorial (penyajian materi secara bertahap), permainan dan simulasi (latihan mengaplikasikan pengetahuaan dan keterampilan yang baru dipelajari).
http://forum.upi.edu/index.php?topic=15696.0

FUNGSI MEDIA



Media pembelajaran memiliki beberapa fungsi menurut para ahli , diantaranya :



Levie & Lentz (1982) mengemukakan fungsi media pembelajaran sebagai berikut :
1.Fungsi atensi yaitu menarik dan mengarahkan perhatian siswa pada isi pelajaran dibantu dengan media gambar sehingga memiliki kemungkinan mengingat isi pelajaran lebih besar.
2.Fungsi afektif yaitu muncul ketika belajar dengan teks yang bergambar, sehingga dapat menggugah emosi dan sikap siswa.
3.Funsi kognitif  yaitu mengungkapkan gambar memperlancar pencapaian tujuan memahami dan mengingat informasi yang terkandung.
4.Fungsi kompensantoris yaitu berfungsi mengakomodasikan siswa yang lemah dan lambat menerima dan memahami isi pelajaran yang disajikan teks.

Menurut Kemp & Dayton (1985:28) fungsi media pembelajaran meliputi :
1.Memotivasi minat atau tindakan.
2.Menyajikan informasi.
3.Memberi instruksi.



Sabtu, 22 Desember 2012

REPORT MEDIA LEARNING


The media I use is already widely in use by the public, but I think using this medium can stimulate comprehension and recall quickly. Perhaps students would get bored in class or fuss, but it's all a challenge for us to make the grade to remain calm and controlled.
This media can be used in making value and when to listen and speak.